Backpacking to Mecca : Kelompok Umrah

umrohbackpacker1

Setelah informasi mengenai Umrah Murah atau Umrah ala Backpacker sudah kita dapatkan selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mencari grup-grup atau kelompok ibadah Umrah. Meskipun saat ini tidaklah susah untuk melaksanakan ibdaha Umrah dalam arti kata sendirian, berdua, bertiga atau berapa orang pun bisa. Namun kalau kita akan melakukan ibadah Umrah ala Backpacker maka berkelompok atau berjamaah memiliki nilai lain karena sesuai dengan prinsip backpackeran. Dengan berkelompok beberapa pos pengeluaran dapat diminimalkan seperti transportasi, konsumsi dan akomodasi. Kalau bersama-sama kita bisa sewa kendaraan yang dibayar dengan patungan, kalau makan berjamaah lebih nikmat, kalau akomodasi sharing harga kamar juga bisa ditekan seoptimal mungkin.

Kalau kita cari di Mbah Google, atau kita bisa temukan di komunitas-komunitas Backpacker, maka kelompok-kelompok ibadah Umrah bersama ini selalu menginformasikan itinerary kegiatan umrah. Coba lihat di lamannya Backpacker Indonesia, Backpacker Dunia, Komunitas Pemburu Tiket Umroh atau di KasKus sekalipun bisa dijumpai. Nah, dari ini kita bisa tahu kapan saja ada trip Umrah bersama. Kalau sudah tahu maka catat kapan waktunya. Biasanya untuk mendapatkan harga yang murah atau terjangkau biasanya kita harus ‘pesan’ tiket jauh-jauh hari. Nah inilah perlunya kita mencari kelompok dan rencana jadwal Umrah Backpacker.

Kalaupun kita tidak mau bergabung dengan kelompok-kelompok yang sudah ada, kita juga bisa bentuk kelompok sendiri. Misalnya Kelompok Pengajian Kantor/Perumahan, Grup Alumni, Grup Sepeda Gunung, Teman-teman sehobi yang sering ngumpul bareng dll. Biasanya dengan grup-grup seperti ini kita sudah kenal sudah dekat jadi bisa lebih enak ngaturnya. Nah hayooo,…mulailah mengidentifikasi dan membentuk kelompok Umrah Backpacker bersama teman-teman komunitas kamu.

Saya ingin juga Umrah bersama teman-teman alumni sekolah saya di Pekanbaru yang sudah lama ndak ketemu. Biar rame sekalian bersilaturahmi. Ayoo…yang alumni SD Teladan..? SMP 4 Pekanbaru…? SMAN 6 Pekanbaru…? atau alumni Kampus Unri Panam, yuuk kita ngumpul di Makkah, masa ngumpulnya di kafe melulu……

Yaumil Jumah Akhir, Maret 2014.

Tinggalkan komentar